Saturday, June 11, 2011

Telkomsel akan Punya Layanan "BBM" Sendiri

boleh juga nih telkomsel pengen bikin layanan mirip "bbm" hahahaa...kapan yak..?? 



Telkomsel akan Punya Layanan "BBM" Sendiri


Jakarta – Kesuksesan BlackBerry menguasai pasar smartphone dunia saat ini tak lepas dari aplikasi andalannya BlackBerry Messenger (BBM). Aplikasi ‘sederhana’ itu begitu menarik perhatian orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Melihat peluang yang ada, Telkomsel berencana mengembangkan aplikasi serupa yang bisa dioperasikan disemua perangkat ponsel.

BlackBerry yang kini menuai sukses besar di pasar ponsel dunia berkat mengandalkan layanan BlackBerry Internet Service (BIS) dengan fitur unggulan push e-mail dan BBM. Dengan kedua fitur tersebut, BlacBerry seperti menyihir dunia, tak terkecuali Indonesia .

Melihat hal itu, kabarnya Telkomsel ‘tergoda’ untuk mengembangkan aplikasi serupa yang nantinya bisa dioperasikan disemua perangkat ponsel. Bedanya, aplikasi itu nantinya hanya akan dapat digunakan oleh para pengguna layanan Telkomsel.

“Saat ini masih dalam taraf penjajakan dengan beberapa pihak developer aplikasi lokal, jadi tunggu saja tanggal mainnya, kami akan segera umumkan,” kata GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra saat berbincang dengan Telsetnews di sela salah satu acara talk show di Jakarta akhir pekan lalu.

Menurut Indra, aplikasi yang akan dikembangkan itu memang menggunakan pola layanan messaging, namun menggunakan saluran data, seperti yang selama ini digunakan pada layanan BBM di BlackBerry. “Jadi nanti siapa saja bisa berkomunikasi lewat pola messaging seperti layaknya bbm-an disemua perangkat ponsel, tapi harus menjadi pelanggan Telkomsel, karena memang layanan ini base on jaringan Telkomsel,” ungkapnya.

Disebutkan Indra, rencana tersebut tak lepas dari besarnya peminat BlackBerry saat ini, terutama untuk penggunaan aplikasi BBM. “Bisa dibayangkan bagaimana kalau nantinya semua orang bisa bbm-an disemua ponsel tanpa harus beli perangkat BlackBerry,” ujar Indra berandai-andai.

Dia mengakui, Telkomsel tengah serius menggarap layanan data di tahun 2011 ini. Dan rencana dibuatnya aplikasi ala BBM ini termasuk salah satu “rencana besar” yang akan diwujudkan Telkomsel untuk menggaet lebih banyak pelanggan. “Harus diakui market layanan data akan terus bertambah. Oleh sebab itu, operator dituntut bisa lebih kreatif dalam memberikan layanan datanya,” papar dia.

Namun Indra belum mau menyebutkan akan menggandeng developer mana untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Dia juga belum mau menyebutkan nama aplikasi yang akan digunakan itu. “Belum ada namanya, karena memang masih dalam tahap pengembangan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini sebenarnya Telkomsel telah bekerjama dengan pihak Multimedia Telesindo sebagai developer mengembangkan layanan TIS. Aplikasi ini mirip dengan yang dikembangkan di BlackBerry. Bedanya, TIS merupakan aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada platform Android saja. [hbs]

No comments:

Post a Comment