Monday, June 20, 2011

Gitar Google, Tribute untuk Gitaris Legendaris Les Paul


google-gibson
Google.co.id

GOOGLE selalu punya cara unik untuk merayakan sesuatu. Hari ini, untuk merayakan hari lahir musisi gitar legendaris, Les Paul, Google merancang logo khusus menyerupai rangkaian senar gitar.
Logo alpias Google Doodle ini akan mengeluarkan bunyi khas gitar jika Anda menggerakkan kursor ke atas dan ke bawah.
Mengenang jasa Les Paul dalam perkembangan sejarah musik dunia, Google membuat logo ini secara global dan dipajang di halaman Google di seluruh dunia.
Les Paul, terlahir dengan nama Lester William Polsfuss, 9 Juni 1915 silam. Namanya melejit setelah berkolaborasi dengan Ted McCarty dalam mendesain gitar elektrik berbodi solid di tahun 1952.
Gitar yang kemudian dibanderol dengan merk Gibson ini dinilai paling klop digunakan untuk permainan garang ala rock n roll.
Gibson menjadi salah satu gitar elektrik terkemuka di kalangan para gitaris, sejajar dengan Fender Stratocaster dan Telecaster.
Sepanjang hidupnya, Paul dikenal sebagai pencipta lagu, serta spesialis musik jazz dan country. Ia menguasai berbagai teknik dalam bermain gitar, seperti licks, trills, chording, fretting dan timing yang banyak menginspirasi gitaris muda masa kini.
Paul wafat akibat komplikasi pneumonia, Agustus 2009 lalu. Kematiannya tak membuat sosoknya surut sebagai tokoh inspiratif di dunia musik.

No comments:

Post a Comment