Friday, June 17, 2011

Optimasi SEO, Apa Mengapa dan Bagaimana


Tadinya saya tidak ada niat sama sekali menulis tentang optimasi seoini, namun karena ada beberapa hal yang menarik perhatian saya saat blogwalkingmalam sebelumnya. Kemudian dilanjut lagi dengan blogwalking tadi pagi kembalisaya mendapati beberapa hal aneh terkait dengan optimasi seo yang sudah seringdisebut-sebut ini. Temuan-temuan menarik saya dapati saat “mengintip” beberapablog dengan menggunakan meta tag analyzer dan keyword density. Ternyata banyakyang hanya bisa mengucapkan saja padahal sebenarnya tidak tau sama sekali yangdimaksud optimasi seo.

Akhir-akhir ini di dunia maya sedang ramai-ramainya dibicarakantentang beberapa kontes SEO, diantaranya sebut saja Kontes SEO 2011 MariBerkomunitas Di Faceblog dimana saya sendiri pun turut berpartisipasimenjadi peserta kontes. Nah dalam rangka kontes ini, sudah pasti semua pesertaakan berusaha melakukan optimasi blognya semaksimal mungkin supaya artikel yangditulis bisa muncul dihalaman pertama hasil pencarian search engine. Halaman hasilpencarian search engine ini biasa juga disebut SERP atau Seach EngineResult Page (ada yang baru tau..? sama kalo gitu..ha ha).

Kembali ke laptop, sebagai blogger pemula saya pun memilikipengetahuan dan pemahaman yang masih kurang mengenai cara optimasi seo. Namun tidakada salahnya juga kalau saya ingin mencoba berbagi dan menyampaikan tentangoptimasi seo blogspot ini menurut pemahaman saya dan dalam bahasa bertutur saya.

Optimasi SEO, apakah itu ?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang dalambahasa kita diterjemahkan optimasi mesin pencarian. Definisi Optimasi SEOmenurut pemahaman saya adalah upaya-upaya yang harus atau sebaiknyakita lakukan dalam rangka mengoptimalkan hasil pencarian dari search engine itusendiri. Contoh search engine adalah Google, Yahoo, MSN, Bing, Ask danlain-lain.

Optimasi SEO, mengapa harusdilakukan ?

Ya tentu saja harus kita lakukan !! Alasannya sudah pasti supaya judulpostingan atau nama blog kita bisa muncul di halaman hasil pencarian searchengine. Seperti juga mereka yang lagi ikutan Kontes SEO MariBerkomunitas Di Faceblog, pasti berharap sekali agar artikelnya bisa munculdi halaman 1 Google.  Alasan lain kenapaoptimasi seo harus dilakukan adalah supaya para robots yang ditugaskan olehmesin pencarian tersebut untuk menelusuri dan mencatat data-data penting diblog kita menjadi lebih bersahabat, karena apa saja yang ingin mereka telusuridan mereka data semuanya sudah terpenuhi berkat sentuhan optimasi yang telah kitalakukan. Seperti itulah kira-kira analoginya menurut saya. Buat yang blognyamasih nofollow mungkin hal ini bisa jadi pertimbangan. Karena kalau kita masihmenggunakan attribute rel=nofollow di blog kita, itu sama artinya kita memasangtulisan “DILARANG MASUK” tepat dipintu masuk blog kita. Sehingga sang petugas sensus alias robots Googletadi pun menjadi enggan untuk memasuki blog dan mencatat data-data pentingseperti backlinkanda misalnya.

Optimasi SEO, bagaimana melakukannya?

Inilah bagian penting artikel ini yang membuat saya begitu “bernafsu” untuk segera menuliskan apayang ada dalam kepala saya saat ini. Menurut beberapa referensi dan juga hasildari blogwalking ke beberapa blog lain, saya mendapati bahwa untuk melakukan optimasi seo secara umum bisa dilakukan dengan 2 cara atau 2 teknik. Kedua teknikoptimasi seo ini yaitu :


Yang dimaksud adalah usaha atau upaya kedalam yang kitalakukan untuk lebih mengoptimalkan halaman blog kita dengan tujuan supayamendapatkan posisi atau peringkat yang lebih baik di halaman hasil pencariansearch engine (SERP). Contoh teknik optimasi seo on page misalnya  :
  • Optimasistruktur halaman blog/web yang dimulai dari pemilihan template yang tepat(dalam bahasa saya adalah template yang SEO friendly), penggunaan tag H1,H2dst, penggunaan CSS, script dalam template dan lain-lain. Sekedar sharingpengalaman, waktu pertama kali membuat blog ini saya menggunakan Archeltemplate. Selepas 1 bulan pertama saya iseng mencoba mencari tau apakah semuapostingan saya sudah di indeks oleh Google,ternyata ada beberapa yang belum terindeks. Setelah googling kesana kemariakhirnya saya menemukan jawaban. Penyebabnya adalah ada bagian tag didalamtemplate saya yang hilang atau tidak ada. Maka dari itu bagi anda yang sukamengutak-atik template berhati-hatilah jangan sampai kode heading (H1, H2, H3…dst)template anda hilang !!
  • Optimasimeta tag. Idealnya sebuah blog harus memiliki meta tag deskripsi dan metatag keyword. Dan saat menulis sebuah postingan, ingatlah selalu target keywordyang ada dalam meta tag anda. Temuan menarik seperti yang saya katakan dalamprolog diawal tulisan ini adalah: dari hasil tes sampling secara acak pada blogyang tampil di halaman pencarian Google dengan  target keyword MariBerkomunitas Di Faceblog, saya menemukan ada beberapa blog yang tidakmemiliki meta tag deskripsi dan keyword. Dan yang lebih membuat saya terkejutlagi ada blog yang tampil dihalaman pertama ternyata tidak memiliki title.Sampai sekarang pun saya masih bingung sendiri, koq bisa ya nangkring dihalamanpertama ? Ayo temukan jawabannya !!
  • Optimasi SEO pada postingan blog, seperti penempatan keyword, anchor link dankeyword density. Nilai keyword density seperti yang disarankan beberapa masterseo adalah 2 – 7%. Bagi yang belum familiar dengan tool ini, cobalah cari diGoogle. Untuk pengguna Wordpress, anda akan merasa sangat terbantu sekali jikasudah menginstall plugin All In One SEOPack.
  • OptimasiSEO dengan membuat internal link atau link antar postingan. Khusus untuklink antar postingan, biasanya saya langsung menuliskan keseluruhan, sebagianatau penggalan judul dari postingan saya sebelumnya dengan asumsi bahwa katatersebut adalah keyword dan link yang saya buat langsung menuju kearah artikeldimaksud. Sebaiknya anda tidak (jangan pernah..!!) membuat link antar postingandengan  menuliskan kata-kata singkatseperti klik disini misalnya.
  • Pengaturan inbound link (link masuk) danoutbound link (link keluar)
  • Memperbaiki broken link atau link yang rusak
  • Masih banyak beberapa cara lain, silahkan andaeksplore sendiri (udah kepanjangan niiihh..!!)


Yang dimaksud dengan teknik optimasi seo off page adalah usaha atauupaya yang kita lakukan untuk mengoptimasi halaman blog dari arah luar. Tujuannyatetap sama, agar peringkat atau posisi SERP kita menjadi bagus atau lebih baik.Contohnya hanya ada 1 yaitu bagaimana kita bisa mendapatkan backlinkberkualitas yang menuju kearah blog kita (inbound link). Untuk mendapatkan backlinkberkualitas bisa dilakukan dengan bebeberapa cara, misalnya :
  • Sering-seringlah berkomentar di blog yang sudah dofollow(seperti blog saya nih..ha..ha). Sekedar sharing lagi…, setiap kali berkomentardi blog lain baik di blog dofollowmaupun tidak, sejak awal saya selalu konsisten dengan menuliskan title blogsaya “Share With Irfan”, alamatemail xxx@ymail.com dan link yang saya “titipkan” selalu link yang mengarah ke homepageblog saya yaitu http://rayhanzhampiet.blogspot.com/ . Saya sangat yakin bahwa suatuhari nanti akan menuai hasil dari “optimasi seo terselubung” dan ke-konsisten-anyang saya lakukan.
  • Membuat blog dummyyaitu blog yang sengaja kita buat dengan tujuan hanya untuk memberikan backlinkkearah blog yang sedang kita optimasi. Dalam membuat blog dummy ini saya selalu berusaha mencari platform blog yang ranknyasudah tinggi. Hal ini sangat bagus untuk mendongkrak posisi blog kita di searchengine.
  • Manfaatkan social network atau situs jejaring sosialyang ada seperti Facebook atau Twitter. Update status anda dengan menyertakanlink postingan terbaru, sehingga teman-teman anda mengetahuinya dan bagus lagikalau mereka langsung mengklik linknya untuk segera membaca postingan anda. Kalausaya sendiri lebih menyukai jejaring sosial asal Kanada yaitu identi.ca karenaindeks dari Google juga cepat.
  • Submit artikel ke beberapa blog directorygratisan seperti Zimbio atau Flixya, dan jangan lupa juga dengan situs beritadalam negeri kita seperti Lintas Berita atau Infogue.
  • Cara lain yang hampir diterapkan oleh semua bloggeradalah bertukar link atau link exchange antar sesama blogger. 
Nah akhirnya selesai juga nih ngeluarin "uneg-uneg" masalah optimasi seo. Mudah-mudahan tulisan saya yang sebenarnya juga sedang belajar optimasi seo ini bisa bermanfaat, utamanya untuk optimasi seo blogspot mas bro semua. Kalau ada diantara mas bro yang merasa kurang pas ataupun salah dengan tulisan ini, saya persilahkan mengkritik asalkan dengan bahasa yang santun. Dan jika merasa sudah puas dan terpenuhi rasa keingintahuannya tentang teknik optimasi seo, berikanlah komentar positif untuk saya. Karena saya pun akan memberikan backlink sebagai reward he he. Salam persahabatan untuk mas bro semuanya.


No comments:

Post a Comment