Saturday, June 11, 2011

Sony umumkan tablet baru


Sony mengumumkan rencananya meluncurkan dua komputer tablet dengan sistem operasi Android buatan Google.
Komputer yang diberi nama S1 dan S2 itu akan terjual pada akhir tahun ini.
Android saat ini merupakan sistem operasi di telepon seluler dan komputer tablet yang tumbuh dengan cepat.
Sistem ini diklaim akan menguasai 38% pangsa pasar pada tahun 2015.
Masuknya Sony ke pasar komputer tablet sudah ditunggu-tunggu namun kedatangannya relatif terlambat dibandingkan produsen lainnya.
Apple meluncurkan versi pertama iPad bulan April tahun 2010.
Sistem operasinya iOS diperkirakan masih akan tetap dominan selama beberapa tahun ke depan meskipun pangsa pasarnya akan berkurang.
Sony mengatakan komputer tabletnya akan muncul dalam dua bentuk yakni dengan layar sentuh 9,4 inci sedangkan satu lagi berlayar 5,5 inci.
Selain berbasiskan sistem operasi Honeycomb dari Android, Sony akan menambah beberapa fitur termasuk kemampuan mengirimkan video dan musik ke televisi dan musik stereo menggunakan standar pengiriman gelombang nirkabel DLNA.
Sony menambahkan akan melakukan integrasi dengan jaringan PlayStation dan kemungkinan fungsi-fungsi untuk game komputer.
Kekuatan nama Sony akan membantu perusahaan ini mendapatkan peminat di pasar komputer tablet.
Berhadapan dengan komputer tablet yang didasarkan sistem operasi Android, merek yang sudah diakui ini akan merupakan faktor penting untuk membedakan kualitas lainnya.
Namun analis komputer tablet Gartner, Carolina Milanesi menyatakan terkejut dengan keputusan Sony menggunakan merek sendiri.
"Sungguh menarik mereka hadir dengan merek Sony bukannya Sony Ericcson," katanya kepada BBC.
Menurut Milanesi keberhasilan tablet Sony tergantung spesifikasi teknis sebaik ketika digunakan ketika mereka diluncurkan.

No comments:

Post a Comment