Monday, June 6, 2011

Gerakan U Comment I Follow, Masihkah Ada ?




Dulu sekitar 2 tahun yang lalu,saat saya masih menjadi pelanggan tetap sebuah warnet, slogan “U Comment I Follow”seringkali saya lihat terpampang di beberapa situs dan blog. Kala itu masih belumpaham maksudnya apa jadi di cuekin aja. Berhubung saat itu masih belum memilikiblog dan keperluannya ke warnet hanya sekedar browsing liat berita-beritaterbaru di internet, download software atau lagu mp3 terbaru serta ngecek kalauada email masuk sekalian kirim balasan. Maklum ajalah waktu itu harga HP denganfeature yang canggih harganya masih mahal, adanya HP kacangan harga 300 ribuan+ isi pulsa 20 ribu he he.

Apa sih maksudnya U Comment I Follow ?

Dari hasil blogwalking dan risetkecil-kecilan ehm…, beberapa blogger memiliki pendapat sendiri-sendiri tentangarti dari slogan U Comment I Follow ini. Berikut beberapa kutipan yang sayaambil :

 
“Biasanya para Blogger menganut ajaran “UComment I Follow” yang artinya jika anda berkomentar maka yangpunya blog akan berkunjung ke Blog anda dan berkomentar balik “
“Setelah backpacker dari satu blog ke blog lain yang memuatposting tentang U Comment I Follow,akhirnya jadi ngerti juga. Ternyata "hanya" mematikan attribute rel nofollow pada setiap link yang ada diblog kita, dan trackbacks menjadi dofollow”.
Nah, dari 2 kutipan singkatdiatas sebenarnya sudah bisa dipahami dengan jelas apa yang dimaksudkan dengan sloganU Comment I Follow. Nah saya pun sudah mulai menerapkan hal yang sama untukblog ini. Pertama, sejak kurang lebih 1 bulan yang lalu saya sudah menjadikanblog ini blog dofollow dengan cara menghapus semua attribute rel=nofollow yangada pada template yaitu dibagian commentUrl dan backlinkUrl (trackback).Alasannya apa ? Dengan menghapus attribute rel=nofollowsama artinya kita memberikan otoritas penuh kepada Googlebots untuk membaca(crawl) semua komentar dan link yang ditinggalkan serta mencatatnya (indeks)sebagai sebuah tautan balik atau backlink. Singkatnya 1 komentar dengan 1 linkpribadi yang kita tinggalkan akan dicatat sebagai 1 backlink untuk anda.Artinya tanpa yang punya blog mengunjungi serta berkomentar balik punsudah  terwakili dengan backlink yangdiberikan tsb ( pendapat orang-orang yang ngga ikhlas ngasih backlink nih ! ),itulah yang dimaksud dengan kata-kata follow dalam slogan tersebut. Tapi buatsaya point pentingnya adalah kita bisa menjalin hubungan pertemanan dansilaturahmi diantara sesama blogger. Yang kedua, setiap ada pengunjung yangdatang dan meninggalkan komentarnya di blog ini saya selalu berusaha menyempatkan diri mengunjungiwebsite atau blog mereka dan meninggalkan komentar saya juga disana. Inisebagai salah satu bentuk apresiasi atas kunjungan mereka.

Masihkah gerakan U Comment I Follow ada ?

Terakhir sebelum postingan ininaik tayang (cieee…), saya mencoba mengecek lewat perantara mbah Google,hasilnya adalah :
  • Untuk kata kunci “U Comment I Follow” menunjukkanangka 275.000.000 hasil pencarian dengan peringkat pertama adalah Hakimtea.comblog dari Indonesia. Selamat buat bang Hakim !! Anda pun telah berhasilmelampaui kepopuleran situs milik Randa Clay yang notabene adalah peloporgerakan U Comment I Follow ini di Amerika Serikat.
  • Untuk kata kunci “Gerakan U Comment I Follow”menunjukkan angka 284.000 hasil pencarian dan rata-rata berasal dari Indonesia.
Berarti kalau saya menulispostingan ini dengan judul “Gerakan U Comment I Follow” maka saingan sayaadalah 284.000 blog atau situs yang menulis judul postingan yang sama. Karenakalau saya beri judul “U Comment I Follow” sama artinya bunuh diri karenabersaing dengan 275.000.000 lainnya ha..ha…

Dari data angka hasil pencarianGoogle tadi ternyata masih banyak yang menulis tentang U Comment I Follow, namunsampai dengan halaman ke-3 hasil pencarian Google barulah saya menemukan postingdengan judul yang sama pada bulan April 2011. Semoga saja peluang postingan inimuncul dihalaman pertama hasil pencarian Google menjadi semakin besar. Katakunci yang selalu saya ingat di kepala manakala menginginkan sebuah tulisan kitamuncul di halaman pertama Google adalah : “Bijaksanalah dalam memanfaatkansebuah momentum atau kesempatan yang ada”. 

Oke sahabat blogger, sekian saja postingan saya kali ini. Semoga tulisan ini bisa membawa manfaat dan menjadi ilmu buat kita semua. Bagi yang belum membaca postingan saya sebelumnya Daftar Blog Dofollow 2011, silahkan dibaca karena puluhan backlink gratis sudah menunggu anda he..he. Salam Blogger !!

No comments:

Post a Comment