Monday, April 18, 2011

Tiga Pemain IFA Indonesia, Akan Diuji di Leicester

Tiga pemain Indonesia Football Academy, Rico Adrianto, Maldini Pali, dan Yogi Rahardian, akan diuji teknik permainan dan ketangguhan mental mereka selama mengikuti program latihan dan seleksi di Akademi Klub Leicester City. Kemampuan mereka akan dipantau dalam satu bulan.
"Kami akan melihat sejauh mana kemampuan teknik permainan mereka dalam satu bulan ke depan. Mereka akan bergabung latihan bersama dengan tim pemain usia 16 tahun dan 18 tahun yang sudah ada di sini. Ini pun sekaligus ujian mental buat mereka untuk menghadapi tekanan dan persaingan," kata Manajer Akademi Klub Leicester Jon Rudkin di Leicester, Inggris, Rabu (13/4/2011).

Menurut Rudkin, program latihan ini sudah sekaligus menjadi ajang seleksi. "Tidak ada seleksi atau ujian khusus buat mereka. Artinya, jika mereka kami nilai bagus selama latihan di sini dalam satu bulan, mereka bisa saja langsung bergabung," ujarnya.

Ketiga pemain IFA tiba di Leicester pada Selasa siang. Setelah istirahat beberapa jam, mereka langsung diundang untuk mengunjungi Stadion Walkers, markas dari klub Leicester City. Mereka juga diberi kesempatan menyaksikan secara langsung di stadion pertandingan Divisi Championship antara Leicester City dan Crystal Palace.

Pada hari Rabu, ketiga pemain IFA belum bergabung untuk latihan bersama. Mereka masih diberi kesempatan untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan dengan udara dingin sekitar 12 derajat celsius.Asisten Pelatih IFA Rasiman, yang mendampingi ketiga pemainnya, hanya memberi menu latihan ringan pada pagi hari, yakni joging di sekitar penginapan yang jaraknya sekitar 5 kilometer dari Stadion Walkers. Setelah beristirahat, mereka kemudian diperkenalkan kepada Rudkin dan pelatih U-18 di Akademi Leicester, Travor Peak.

Hari Kamis ketiganya baru dijadwalkan mengikuti latihan bersama."Mudah-mudahan mereka bisa enjoy dan berlatih dengan baik selama satu bulan di sini. Tentu saja kami berharap mereka bisa menunjukkan permainan terbaik mereka. Ini akan menjadi pengalaman berharga buat mereka," kata Rasiman.

Ketiga pemain IFA merasa sangat antusias untuk memulai latihan. "Bagi saya ini tantangan sekaligus kesempatan yang besar. Saya akan bangga jika bisa bergabung dan bermain di sini," kata Yogi, pemain berusia 16 tahun yang direkrut dari Sekayu Youth Soccer Academy Palembang.Hal senada juga diungkapkan Maldini yang berasal dari Sekolah Sepak Bola (SSB) PSM Makassar dan Rico yang berasal dari SSB Batu Retno.

"Saya seperti masih mimpi berada di sini. Mudah-mudahan ini awal yang bagus buat karier sepak bola saya," kata Maldini. Ketiga pemain yang berada di Leicester ini merupakan pemain dengan peringkat terbaik dalam penilaian tim pelatih IFA. Mereka direkrut sejak Desember 2009.

Bersama mereka juga ada sekitar 45 pemain lainnya yang berasal dari beberapa sekolah sepak bola baik di Jawa maupun luar Jawa. IFA merupakan akademi yang membina pemain usia muda. IFA berada di bawah naungan PSSI. Selain mengikuti kompetisi di Jabodetabek, IFA juga membuat program pengiriman pemain ke luar negeri, seperti ke Leicester.

Sebelumnya Direktur IFA Iman Arif menyebut, pihaknya akan menjajaki kemungkinan untuk mengirim pemain IFA untuk mengikuti seleksi di akademi klub Manchester United dan Chelsea. Tahun ini rencananya IFA mengirim Hanif Syahbandi untuk mengikuti seleksi di akademi klub Stoke City U-14.

No comments:

Post a Comment