Monday, April 18, 2011

PSSI Semakin Transparan Lewat Situs Resmi

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya sadar akan transparansi informasi publik. Hal itu bisa dilihat dari kelengkapan informasi mengenai Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI di situs resmi mereka yang berubah mulai Selasa (12/4/2011) dini hari.

Setelah cukup lama tidak bisa diakses, situs resmi PSSI tayang dengan tampilan baru yang menarik. Ada beberapa perbedaan yang mencolok di situs ini yang bersifat kemajuan. 

Misalnya, di sudut kanan atas situs tersebut tertera waktu yang menunjukkan 37 hari menuju kongres (countdown). PSSI juga berusaha memanjakan anggota dengan menyediakan konten untuk mengunduh formulir pendaftaran calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif.

Pengunjung juga bisa mengakses tabulasi pencalonan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Tabulasi Pencalonan Anggota Exco. Selain itu, anggota PSSI yang telah mendaftarkan calonnya juga dipublikasikan dalam situs ini. 

Selanjutnya, PSSI mempublikasikan mengenai tata cara pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Exco PSSI. Namun, konten ini baru tersedia pada 17 April mendatang.

Di dalam situs ini, PSSI juga memuat serangkaian agenda jelang kongres 20 Mei mendatang. Misalnya, pada 14 April nanti, akan digelar pertemuan Komite Normalisasi dengan 100 pemilik hak suara Kongres PSSI.

Pengunjung juga dengan bebas bisa mengunduh beberapa peraturan organisasi atau PO seperti PO Kode Dispilin PSSI 2008, PO Badan Futsal Nasional, PO Badan Tim Nasional, dan lain-lain. 

Namun, ada beberapa konten yang tidak bisa dibuka seperti mengunduh statuta. Dari running teks yang terletak di header, situs ini memang masih dalam pengembangan. Terlepas dari itu, situs ini setidaknya sedikit banyak telah memenuhi harapan publik mengenai keterbukaan informasi mengenai kinerja PSSI

No comments:

Post a Comment