Monday, April 4, 2011

Gosip alien serang bumi jika facebook ditutup


alien serang bumi jika facebook ditutup
Sebaran api isu hoax Penutupan facebook per tanggal 15 Maret 2011 merebak di dunia maya. Coba saja Anda masukan keyword: “Facebook ditutup” atau “facebook will end” dan sejenisnya, Anda akan mendapatkan isu tersebut telah tersebar seantero jagat. Baca juga: Bohong!

Facebook Akan DITUTUP 15 Maret 2011 Mendatang

“Kabar“ bahwa Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook akan ditutup pada tanggal 15 Maret karena ia merasa menjalankan perusahaan “terlalu stres“ adalahpalsu.

Saya ulangi, palsu! demikian dilansir urban Legends.com

Ini adalah rumor berdasarkan cerita fiktif yang diterbitkan pada WeeklyWorldNews.com, sebuah situs dengan style tabloid (seperti sebuah surat kabar mingguan). isu yang bersamaan juga dilansir oleh WeeklyWorldNews yaitu:



“Pesawat ruang angkasa Alien akan menyerang Bumi pada tahun 2011“ 

Hati-hati juga, kompas.com di sini pernah memuat berita yang bersumber dari WeeklyWorld News (WWN). Beberapa cerita hoax lain yang pernah dilansir WWN Lihat dalam postingan di vivanews di sini.

Ini bukan berita. Ia bahkan nyaris tidak memenuhi syarat sebagai rumor.

Meskipun tipuan tidak seburuk malware ,worm, phising yang jauh merugikan pengguna kerena mencuri informasi, isu ini masih dianggap sebagai gangguan, menyumbat komunikasi, mungkin mengarahkan orang untuk membuat keputusan untuk alasan yang salah.

Ada sebuah pelajaran yang penting di sini - tidak percaya semua yang anda baca diinternet, dan perlu berpikir dua kali sebelum menyampaikan cerita ke teman-teman Anda.

No comments:

Post a Comment