Sunday, April 3, 2011

SM*SH-Boy Band Indonesia yang menuai protes

SM*SH aka Seven Man As Seven Heroes (7 orang sebagai 7 pahlawan), adalah boy band Indonesia yang berasal dari Jombang. SM*SH  awal mulanya bertemu pada saat audisi sejenis dance competition yang diadakan oleh cinta laura. Kurang jelas juga. sebenarnya anggota nya itu 7 atau 6. Karena di Video klip I Heart You, mereka hanya ber enam. ah, abaikan.

Kemunculan SM*SH di belantika musik Indonesia memang membawa aliran dan gaya musik yang lain. Dan berbeda dari musik Indonesia sebelumnya yang di dominasi oleh pop melayu dan band. 
Namun  kemunculan mereka tidaklah langsung disambut tangan terbuka oleh seluruh masyarakat Indonesia. Masalahnya adalah, bahwa konsep yang diangkat oleh boy band beranggotakan Morgan Oey, Rangga Dewamoela S, Rafael, Dicky M Prasetya, reza anugrah, Muhammad Ilham Fauzi, dan juga Bisma Karisma ini terlalu meniru gaya musik Korea.

Para anggota SM*SH sendiri tidak mengelak kalau mereka juga mengidolakan boy band Korea sekelas Super Junior, SHINee, Big Bang, dan lainnya. Dan mereka juga terinspirasi oleh boy band Korea tersebut. 
Tapi sepertinya para fans fanatik boy band Korea tidak terima jika ada boy band Indonesia yang terlalu meniru gaya idola mereka.

Lihat saja bagaimana komentar bashing yang dilontarkan para netizen di forum komentar you tube yang menayangkan video klip 'I Heart You' single milik SM*SH.

Komentar-komentar bashing tersebut tentu saja sebuah protes akan munculnya boy band bernama SM*SH . Mungkin yang paling tidak bisa dimengerti adalah mengapa nama boy band ini sama dengan nama boyband Korea yang sedang promo di Jepang. Sejauh ini belum diterima penjelasan dari pihak SM*SH Indonesia. Para netizen juga menyayangkan dandanan anak-anak SM*SH yang dibilang terlalu maho dan gaya dance nya yang norak dan nggak serempak.

Tapi apakah komentar bashing tersebut sama dengan kenyataan yang ada?

Sejauh ini SM*SH sudah muncul di berbagai acara musik. Mungkin masih harus menunggu beberapa saat agar sebuah boy band bisa diterima di Indonesia. Karena seperti yang diketahui, bahwa banyak sekali remaja Indonesia yang fanatik terhadap musik Korea yang notabene semuanya boy band. Dan mereka nggak hanya terpesona dengan tampang, tapi juga dance, suara, dan lagu.

Netizen terutama para penggemar bot band Korea di Indonesia masih menganggap kemampuan dan kualitas SM*SH jauh dari boy band Korea.

Hal itu wajar sih,  kalau di Korea, boy band akan mengikuti masa trainee beberapa waktu yang sudah ditentukan untuk selanjutnya di orbitkan menjadi seorang bintang. Dan di masa trainee itu, konsep dan pelatihan sudah tersusun rapi. Jadi ada kematangan saat diluncurkan. berbeda dengan di Indonesia.

Semoga saja, dengan munculnya berbagai protes bisa menambah semangat anggota SM*SH. dan bisa membuktikan kalau mereka juga mampu bersaing di musik Indonesia dengan konsep berbeda dan bisa menunjukkan style mereka sendiri agar tidak selalu dianggap plagiat boy band Korea. Kep try guys.. buat Indonesia bangga dengan kalian. Dan semoga tidak selalu lipsync saat tampil LIVE.

Dan silahkan beri penilaian terhadap boy band ini ya...

No comments:

Post a Comment