Tuesday, April 5, 2011

Membuat Blogger Versi Mobile

Blogger.com saat ini telah mengadakan perubahan besar demi pangsa baru, yaitu situs blogger atau blogspot dapat diakses lewat handphone atau mobile. Mengingat persaingan situs jejaring sosial yang menyediakan layanan akses versi mobile, blog pun juga menyediakan akses untuk versi mobile. Untuk wordpress bisa kita nikmati sudah lama, begitu juga dengan penyedia blog lokal seperti blogdetik. Kita bisa melihat blog kita di handphone atau mobile dalam versi yang berbeda yang memang disesuaikan dengan mobile itu, yaitu sederhana dan ringan.

Dan kini blogger.com telah meluncurkan fitur baru template untuk versi mobile. Memang kelihatannya blogger selalu tertinggal dengan wordpress dalam memberikan fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan zaman. Masih ingat saya ketika dulu kita di blogspot sulit belum ada kotak komentar di bawah postingan dan juga tidak bisa menampilkan avatar, padahal di wordpress sudah bisa dinikmati. Fitur template versi mobile ini akan lebih membuat blog kita ramah dengan internet mobile. Saat orang mengakses blog kita via handphone atau mobile maka mereka akan diarahkan (ditampilkan) blog kita dalam versi mobile yang berbeda jika diakses dari PC.

Cara Mengaktifkan Template Versi Mobile di Blogger:

1. Login ke http://draft.blogger.com
2. Pilih Settings (pengaturan) >> Email & Mobile lalu pilih Ya.
3. Jika kita ingin melihatnya hasilnya seperti apa, kita klik button Mobile Preview atauPratinjau Seluler.



4. Jangan lupa disimpan dengan mengklik Save Settings atau Simpan Setelan


Bagi kita yang menampilkan google adsense, maka tetap akan tampil dan tampilanya pun akan disesuaikan dengan tampilan versi mobile. Jika versi mobile pada blogger atau blogspot anda telah diaktifkan, maka situs jika diakses dari mobile phone secara otomatis akan menjadi lebih sederhana dan ringan.

No comments:

Post a Comment