Tuesday, April 19, 2011

10 Hal Aneh Dibalik Mimpi

Kisah mengenai mimpi mungkin tak akan pernah habis untuk dibahas, selalu saja ada fakta-fakta menarik dibaliknya.

Mimpi adalah komunikasi antara tubuh, pikiran dan jiwa kita. Tau gak sebenarnya sepanjang waktu kita bermimpi meski saat kita lagi bangun, cuma proses situ berlangsung di alam bawah sadar kita.

Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai mimpi :

1. Orang Buta Juga Bermimpi

Orang yang terlahir buta dalam mimpinya memang tidak melihat “gambar-gambar”, tetapi mereka bermimpi tentang suara, sentuhan, dan emosi yang mereka rasakan. Memang sulit bagi orang normal untuk bisa memahami, tapi “ keinginan” tubuh untuk tidur dan bermimpi sedemikian kuatnya sehingga bias mengatasi segala macam hambatan fisik manusia.


2. Kamu Akan Lupa 90 % Dari Mimpimu

Sekitar 5 menit setelah kamu terbangun kamu akan segera melupakan 50 % dari mimpimu, 10 menit kemudian 90 % “jalan cerita” mimpimu akan terlupakan.

Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu saat terbangun setelah mendapatkan mimpi yang indah, dialalu segera menuliskannya dikertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-tiba ada orang yang dating kerumahnya. Setelah urusan dengan orang itu selesai Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tapi tidak berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai

Puisi tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan“ dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.

Robert Louis Stevenson (penulis buku Doktor Jeckyll and Mr. Hyde) dan Mary Shelly Frankenstein mendapatkan ide dari mimpi yang mereka alami

3. Semua Orang Bermimpi

Semua orang bermimpi (kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah), tapi laki-laki dan perempuan mimpinya bebeda dan beda pula reaksi fisiknya. Cowok cenderung bermimpi tentang cowok lain sedangkan cewek mimpinya cenderung berimbang mimpiin soal cowok atau cewek lain.

4. Mimpi Mencegah Gangguan Emosi

Pada penelitian mengenai tidur baru-baru ini, percobaan pada orang yang dibangunkan pada awal mimpi, tapi tetap diperbolehkan tidur 8 jam sehari setelah 3 hari, menjadi kehilangan konsentrasi, gampang marah, halusinasi dan tanda-tanda gangguan emosi lainnya.

5. Rangsangan Dari Luar Mempengaruhi Mimpi Kita
Dise”Deam Incorporation” dan kamu pasti udah pernah mengalami ini. Pernah mimpi gini, kita rasanya haus begitu terus minum sebotol air tapi bntar kemudian rasanya udah haus lagi…minum lagi…haus lagi, begitu terus berulang dan akhirnya saat kita bangun kita baru sadar kalau kita memang sedang kehausan. Contoh yang lain adalah saat kita mipi kebelet pipis.

6. Saat Bermimpi Tubuhmu Akan Lumpuh

Hal ini terjadi untuk mencegahsupaya tubuh kita gak gerak-gerak mengikuti alur cerita mimpi kita. Bayangin aja kalau kamu mimpi dikejar masa, kalau kamu tidak lumpuh bias-bisa kamu lari ke luar rumah dan dikirain maling beneran ama satpam. Ada hormone yang dihasilkan saat kita tidur yang membuat saraf mengirimkan pesan ke tulang belakang menyebabkan tubuh kita otak kita tidak akan menciptakan itu sebenernya semua itumenjadi rileks dan lama-lama lumpuh.

7. Kita Hanya Memimpikan Apa yang Kita Ketahui

Sering kali kita bermimpi berada di tempat yang asing dan bertemu dengan orang-orang yang tak ita kenal. Tapi sebenernya Udah pernah kita lihat Cuma kita sendiri tak mampu untuk mengingatnya lagi. Mungkin kamu pernah mimpi dikejar-kejar orang asing pakai golok yang mau bunuh kita tapi mungkin itu dalam kehidupan nyata orang itu adalah temen bokap kamu yang ketemu di mall waktu kamu masih berumur 5 tahun. Sepanjang hidup kita udah pernah melihat ratusan ribu wajah dan tempat, para ahli percaya kalau memori otak kita punya kemampuan yang luar biasa untuk merekam itu semua, jadi otak tak akan pernah kehabisan actor dan setting yang akan di-reply dalam mimpi kita.

8. Mimpi Itu Tidak Seperti Apa yang Terlihat
Apa yang kita lihat dalam mimpi sebenernya merupakan simbolisasi dari hal lain. Otak kita tu kreatif begitu saat kita tidur, dia akan menggali database memori kita sedemikian dalamnya sampai seringkita sendiri takjub dengan mimpi aneh kita (padahal semuanya sumbernya ya dari semua yang udah pernah kita lihat dan alami sebelumnya). Bagaikan puisi mimpi itu merupakan penggambaran simbolisasi yang sangat dalam. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang tertarik dengan buku tafsir mimpi.
9. Tidak Semua Orang Mimpinya Berwarna
Menurut penelitian 12 % orang normal mimpinya selalu hitam-putih sedang yang lainnya full color.
10. Kita juga cenderung mengalami mimpi dengan tema yang sama, yaitu :
- Mimpi di sekolah
- Mimpi dikejar-kejar
- Mimpi lari dengan gerak lambat atau lari tapi tidak bergerak
- Mimpi basah
- Mimpi dating telat
- Mimpi bias terbang
- Mimpi jatuh, gigi copot, gagal lulus ujian, kecelakaan
- Mimpi ketemu orang yang udah pernah mati
Tambahan :
- Saat kamu ngorok , kamu tidak sedang bermimpi
- Kalau kamu terbangun pada saat fase tidur mencapai tahap REM (Random Eye Movement), seringkali mimpi kita akan terasa lebih nyata daripada kalo kita bangun setelah tidur pulas semaleman

No comments:

Post a Comment