Thursday, September 22, 2011

Beginilah Cara Search Engine Membaca Blog Anda


Beginilah Cara Search Engine Membaca/Mengindeks Blog Anda  - Pernah sobat membayangkan bagaimana cara search engine sepertiGoogle, Yahoo, MSN, Bing, Alexa, Ask, AOL atau lainnya membaca atau mengindeks blog anda ? Jawabannya simple saja: samaseperti layaknya kita membaca sebuah buku atau novel. Para robots spider yang ditugaskan oleh search engine biasanya melakukancrawling (penelusuran) sebuahhalaman situs web atau blog mulai darisebelah kiri atas sampai dengan bagian kanan bawah dari halaman web ataublog. Dan robots search engine ini diprogram HANYA untuk membaca (mengindeks) informasi berupa rangkaian teksmaupun hyperlink (tautan) yang ada di halaman web/blog kita. Berarti semuapernak-pernik gambar-gambar indah yang kita pasang di blog atau efek animasi flashTIDAK AKAN DIBACA oleh searchengine. Rata-rata blognya para master SEO yang pernah saya kunjungi mempunyaiciri khas yang sama yaitu MINIMALIS. Ups..jangan salah sangka dulu,bukannya mereka kuper tidak mengerti bagaimana cara “menghiasi” blog mereka.Tetapi alasan utamanya adalah karena mereka sangat memperhatikan kaidah-kaidahSEO (Search Engine Optimization). Para master seo lebih mengutamakan speedblognya yang cepat dan meminimalisir penggunaan javascript dan efek animasiyang berlebihan karena hanya akan memberatkan loading speed pada blog.

Bagi mereka yang sudah sangat memahami SEO tidak akansembarangan menempatkan gambar pada bagian header, karena gambar pada headertidak akan dibaca oleh search engine. Artinya kalau sobat memasang gambar padaheader maka title blog sobat tidak terbaca oleh search engine. Saya pernah jugamenyarankan seorang sahabat agar segera mengganti template blognya. Sebabnyakarena template yang dipakai sahabat saya tadi menggunakan sidebar kiri danhalaman posting disebelah kanan. Kalau kita kembalikan lagi ke prinsip carakerja robots searh engine membaca blog yaitu dari kiri atas sampai kanan bawah,berarti bagian sidebar kiri tadi akan di indeks lebih dulu oleh search enginebaru menyusul halaman posting. Bagaimana kalau seandainya halaman artikel yang sudahdibuat dengan susah payah tadi tidak terindeks oleh Google ? Percaya atau tidaksaya sudah pernah membuktikan hal ini dan artikel saya baru terindeks olehsearch engine setelah 1 bulan !.

Dibawah ini ada 2 alamat situs dimana sobat bisamengetahui bagaimana spider robots search engine membaca blog anda. Benarkahteori search engine membaca blog darikiri atas sampai kanan bawah seperti yang sudah saya sampaikan diatas ? Dansaya sarankan sobat juga mencari pembanding blog lain yang menggunakan sidebardi sebelah kiri untuk membuktikan teori saya bahwa sebaiknya kita memilih template dengan posisi halaman posting beradadisebelah kiri, supaya artikel lebih cepat diindeks oleh search engine.

Sekian dulu tips SEO yang mungkin agak membosankanini. Maklum sudah lama tidak menulis artikel tentang SEO jadi sebagai pengobatrindu akhirnya muncul ide untuk menuliskan cara search engine membaca membaca/mengindeks blog ini. Semoga ada manfaat yang bisa sobat dapatkan setelah membaca artikelini. Keep Blogging !


1 comment:

  1. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    ReplyDelete