Sunday, October 2, 2011

Pro Kontra Copy Paste Si Vira


Pro Kontra Copy Paste Si Vira  - Lupakan sejenak tentang tips bloggingkarena topik copy paste ini tidakada hubungannya dengan cara membuat antiklik kanan dan sebagainya. Kali ini kita nyantai aja sambil ngomongintentang prinsip seorang Vira Eza Safitri yang berpendapatbahwa orang yang suka copy paste (copas) artikel milik orang lain “wajib”dilaporkan ke Google. Artikel si Vira yang berjudul CaraAmpuh Melaporkan Situs Copy Paste ke Google ini berhasil menyitaperhatian saya karena artikel itu sendiri telah mendapatkan puluhan komentar,ada yang pro ada juga yang kontra. Sebagian komentator adalah beberapa bloggersenior sebut saja seperti Multibrand, Kang Iskaruji dot com de-el-el. Berikutini petikan dari salah satu komentar dan tanggapan Vira yang saya sadur dariblognya. Kalau sobat tertarik membaca komentar yang lain, silahkan langsungmeluncur ke TKP aja ya.

Katils
ah sy rasa it biarlah mereka yg suka copy paste sebb.Mgkn merka mmang tdak pny inspirasi buat artike, bg sy yg pntg sneng berbgpngetahuan apalg artikel ku bermanfaat bg org lain

Vira EzaSafitri
@Katils : kak katils seneng makan gak? pasti doooong, pasti makannyadengan cara yang baik dan sopan , why? klo enggakpasti belepotan, dijauhi orang karena jijik melihat cara makannya dan macem2deh Maka sama halnya dengan berbagi, berbagi pun mempunyai tata cara yang baikkak(mencantumkan sumber jelas), why? klo enggak entar dijauhi si pemilikinformasi, dan sejujurnya tidak disukai google karena itu bisa di anggapSPAM(Liat TOS google).
vira sedang enggak bicara hal untuk berbagi, tapi vira berbicara hal untuksaling menghormati melalui aturan2 yang jelas, semoga kakak bisa mengerti danmenghargai sebuah jeripayah kecil yang mungkin saat ini kakak belum dapatfill-nya untuk hal itu.
Laviola our Creativity

Tanggapan dari Vira dan cara penyampaiannya sayaacungi jempol karena si Vira ngga asal jawab aja, dan kalaulah Vira punya sudutpandang yang berbeda dalam menyikapi “budaya”  tindakan copy paste, saya pikir sebagai sesamablogger kita patut menghargai pendapat Vira. Sebagai orang yang juga pernahmenerima perlakuan tidak nyaman karena beberapa artikel saya pun pernah dicopas secara utuh tanpa mencantumkan link sumbernya, saya pun pernah merasajengkel dan sakit hati. Dan saya sependapat dengan Vira bahwa yang kitapermasalahkan sebenarnya adalah ETIKA, TATA KRAMA dan SIKAP MENGHARGAI hasilkerja orang lain. Kalau masalah materi tulisan yang dicopas, menurut saya sebenarnyabisa saja didapatkan oleh “si tukang copas” dari blog lain. Hanya kebetulansaja saat itu pas giliran blog kita yang lagi “apes” disatroni sama “si tukang copas”he he.

Well, masalah melaporkan situs copy paste ala si Viraini mungkin bisa jadi masukan yang berharga untuk mereka-mereka yang pedulipada perlindungan hak cipta atau hasil karya orang lain. Pro dan kontra adalahhal yang biasa saja, tidak perlu ditanggapi terlalu serius karena begitulahadanya dinamika dunia blogger kita saat ini.

No comments:

Post a Comment